Pendiri MSG Usulkan Papua Barat Dibawah Ke Komisi Dekolonisasi PBB

the Flag Of Salomon Island Country

the Flag Of Salomon Island Country

#PapuaItuKitaMelanesia#, Honiara, (18 juni 2015). Mantan perdana menteri Salomon Island, Yehezkiel Alebua menyusulkan negaranya akan membawa masalah Papua Barat ke dalam komisi dekolonisasi PBB.

Yehezkiel Alebua adalah pendiri dari Melanesia Spearhead Group (MSG), menyatakan tidak ada masalah besar yang akan terjadi di dalam MSG jika Papua Barat diterima menjadi anggota MSG.

“Bagi kita di Kepulauan Solomon, sebagai mantan Perdana Menteri dan pendiri MSG saya meminta kita untuk kuat, menjadi penentu dalam membawa urusan dan masalah serta teriakan saudara kita di Papua Barat ke komisi dekolonisasi PBB. Saya berpikir jika menerima mereka (Papua Barat) ke dalam MSG sebagai anggota tidak akan menimbulkan masalah besar,” kata Perdana Menteri ketiga Kepulauan Solomon yang menjabat pada tahun 1986-1989 ini.

Kepulauan Solomon adalah negara yang mendorong Tahiti (French Polynesia) masuk dalam daftar negara-negara dekolonisasi dalam komisi dekolonisasi PBB.

Manasseh Sogavare, Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Kamis (18/6/2015) malam telah mengumumkan sikap negara tuan rumah MSG Summit 2015 ini atas aplikasi Papua Barat yang didaftarkan oleh United Liberation Movement of West Papua (ULMWP). Kepulauan Solomon mendorong Papua Barat menjadi pengamat (observer) dalam MSG dengan syarat Papua Barat diwakili oleh organisasi yang bersatu.

Advertisements

One thought on “Pendiri MSG Usulkan Papua Barat Dibawah Ke Komisi Dekolonisasi PBB

  1. Pingback: Jadwal Pertemuan Para Pemimpin Negara-Negara PIF Ke-46 Tahun 2015 | # SaksiMata #

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s